PDA

View Full Version : Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)



baliant
10-24-2011, 10:12 AM
INFO





Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) berasal dari kata Banyuwangi, Ethno artinya etnik yang dimodifikasi menjadi modern. Carnival bahasa Prancisnya karnaval.

Potensi seni dan budaya Banyuwangi sangat melimpah ruah. Sayang sekali bila hanya dikenal hanya skup nasional. Untuk itu pemkab melakukan terobosan dengan mencoba mengikuti selera pasar, yaitu menampilkan seni budaya yang dikemas secara modern dengan menggelar Banyuwangi Etno Carnival (BEC). Istilahnya, konten lokal tapi dikemas secara modern dalam bentuk karnaval.

Dalam karnaval yang akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2011 nanti yang akan diusung adalah seni Gandrung, Darmarwulan dan Kundaran. Ketiga seni tersebut akan ditampilkan secara kontemporer dengan kostum ala karnaval.

Karnaval tersebut menampilkan 300 peserta mewakili tiga tema kesenian di atas. Tiap kesenian akan diwakili 100 orang yang masing-masing akan menampilkan modifikasi yang berbeda antar peserta. Sehingga penonton akan disuguhi 300 performance kostum yang beragam. Fantastis sekali.



1. GANDRUNG

Konon dikisahkan sebuah tarian pemujaan dipentaskan di istana Majapahit yang dikenal dengan juru angin, tarian ini sebagai cikal bakal munculnya Gandrung sebagai tarian yang dipersembahkan untuk Dewi Sri. Pada masa Blambangan, tarian ritual ini awalnya dibawakan oleh Marsan penari laki-laki, kemudian muncul seni penari Gandrung perempuan. Kini Gandrung sebagai seni pertunjukan diwarnai cita rasa dan kreativitas pelakunya, namun kokoh bersumber pada akar budaya lokalnya.

2. DAMARWULAN
Setelah runtuhnya kerajaan Majapahit, sebuah dinasti baru muncul dibelahan timur pulau Jawa yang dikenal dengan kerajaan Blambangan. Pada puncak kejayaan Blambangan dibawah Minak Jinggo, muncullah seni lesan yang diangkat dalam seni teater tradisional bersumber pada cerita dalam Serat Damarwulan dan Serat Kandha serta sebuah karya Layang Babad. Pada saat ini Damarwulan lahir sebagai instalasi seni pertunjukan, dasar ceritanya menggambarkan peperangan antara Majapahit dengan Blambangan yang berisikan kisah Minak Jinggo, Damarwulan dan Kenconowungu.

3. KUNDARAN
Runtuhnya kerajaan Majapahit, pengaruh Islam telah mewarnai seni dan budaya di bumi Blambangan. Ini terlihat pada seni Kundaran. Pada awalnya Kundaran ditarikan oleh para pria namun dalam perkembangannya Kundaran ditarikan oleh wanita memakai pakaian gemerlap dengan gerak tari dinamis namun masih tampak keislamannya.


AGENDA
15 Oktober 2011 :
Presentasi kostum dilaksanakan pukul 09.00 WIB diikuti semua peserta kira-kira 320 orang terdiri dari konten Damarwulan 112 orang, Kundaran 89 orang dan Gandrung 119 orang. Kegiatan tersebut diiringi musik etnik Banyuwangi dengan kapasitas 50 personil. Acara ini juga dihadiri tim konsultan dan para pengamat. Kegiatan presentasi ini juga akan dilakukan penilaian pada peserta dan nantinya setelah kegiatan BEC selesai diambil 10 besar terbaik. Adapun tim juri terdiri dari unsur pers, budayawan dan fotografer.

21 Oktober 2011 :
Gladi bersih melibatkan seluruh peserta (tanpa kostum) dalam rangka mencoba catwalk dilaksanakan pukul 13.00 WIB.

22 Oktober 2011 :
Show Time mulai pukul 12.30 WIB. Start lapangan Blambangan dan Finish Kantor Bupati.





RUTE
http://banyuwangiethnocarnival.com/images/stories/route.gif
Atau bisa dilihat di Google Maps di sini -> http://g.co/maps/knsen


sumber (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11102170)

baliant
10-24-2011, 10:13 AM
1227

semua gambar sumber (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11102170)

baliant
10-24-2011, 10:21 AM
1228

bec ..... semoga berkenan

baliant
10-24-2011, 10:23 AM
1229

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:23 AM
1230

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:24 AM
1231

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:25 AM
1232

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:26 AM
1233

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:26 AM
1234

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:27 AM
1235
bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:29 AM
1236

1237

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:29 AM
1238


1239

bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:31 AM
1240


1241



bec 2011

baliant
10-24-2011, 10:31 AM
1242

1243

1244


bec 2011

masnawie
10-24-2011, 10:32 AM
Kok gambar kodok kabeh gambare.... direct link ae hang di insert man....
kadung hing register imageshack hing katon :hihi:


age riko becikne....:mad3:

bento
10-24-2011, 11:01 AM
1229

bec 2011










teko sekian akehe gambar.. hang paling hun senengi kang iki.. hing katikan polah² asli GANDRUNG Banyuwangi.. :)

baliant
10-24-2011, 11:04 AM
Kok gambar kodok kabeh gambare.... direct link ae hang di insert man....
kadung hing register imageshack hing katon :hihi:


age riko becikne....:mad3:

ampun man sudah beres .... :D

yo2k
10-24-2011, 11:47 AM
JFC banget .... :salaman:
mugo liyo dino biso ditangani ambi lare osing aseli :doa:

titip link byaen hasil-e hunting kancan isun blogger jember : http://www.flickr.com/photos/68974879@N07/sets/72157627957927838/

Na2nk
10-24-2011, 12:25 PM
Lakune Jaman


Hey..Banyuwangi.... Hey belambangan...
Ojo umik siro kadhung diuthik, ojo gumbing kadhung dibanting.
Ojo ketunu kadhung dipanasi, ojo kepus kadhung diudani.


juger-jugero ring bentur-benture umah,
lemah sawah kebonan lan lemah kepus banyu mili bumi Blambangan


Jaman wes maju.......
melayu adoh nerak paran hang nyerintung nong lakune
Pirang-pirangane abad dunyo ungkreg diidek-idek disingkal
dipaculi ambi kang arane kolonialis lan kapitalis.


adat lan seni tradhisi diuri-uri kelawan semanget lan tujuan nekakaken picis.
Mulo dhasar kapitalis !!! Mikire mung picis !!!!!


Paren baen wes uwah !!
Modernisasi wis nyoto ngeroti roso agule generasi lan roso agule bangsa


Hey Banyuwangi... Gancango mberjag cul teko miline Kapitalis....
Pumpung anak putu podho durung nangis........

Na2nk
10-24-2011, 12:47 PM
JFC banget .... :salaman:
mugo liyo dino biso ditangani ambi lare osing aseli :doa:

titip link byaen hasil-e hunting kancan isun blogger jember : To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. Konspirasi jaringan poro Wandu-wandu sedunia iki kang... Dynand Fariz iku ulih sokongan teko prancis kanggo ngelakokaken misine...
Iyo kadung JEMBER mulo daerah hang hing nduwe budaya Khas... pantes... Bupatine bongol...diakali wandu-wandu gelem :chair: Opo Bupati iki nduwe kepribadian ganda koyo poro wandu-wandu iku tah ndane..??? :hmmm: Kadung masalah budaya ojo ngoco nong daerah hang hing nduwe budoyo seni koyo dene JEMBER iku sakjane....
Hing gelem ngoco nang Bali ketang.... Bali dadio hing kathik nganakaken karnipal-karnipalan dayoh monconegorone yo magih kebek hang moro.. mergo Bali ngugemi ugo nggegem rapet rapet paran hang dadi ciri khas'e budayane dewek...




Titip link : Banyuwangi Etno ###### (http://m.beritajatim.com/sorotan.php?newsid=1017)

yo2k
10-24-2011, 01:03 PM
Konspirasi jaringan poro Wandu-wandu sedunia iki kang... Dynand Fariz iku ulih sokongan teko prancis kanggo ngelakokaken misine...
Iyo kadung JEMBER mulo daerah hang hing nduwe budaya Khas... pantes... Bupatine bongol...diakali wandu-wandu gelem :chair: Opo Bupati iki nduwe kepribadian ganda koyo poro wandu-wandu iku tah ndane..??? :hmmm: Kadung masalah budaya ojo ngoco nong daerah hang hing nduwe budoyo seni koyo dene JEMBER iku sakjane....
Hing gelem ngoco nang Bali ketang.... Bali dadio hing kathik nganakaken karnipal-karnipalan dayoh monconegorone yo magih kebek hang moro.. mergo Bali ngugemi ugo nggegem rapet rapet paran hang dadi ciri khas'e budayane dewek...




Titip link : Banyuwangi Etno ###### (http://m.beritajatim.com/sorotan.php?newsid=1017)

isun byaen yah kang selama ono JFC hing tau ndeleng. hing pati seneng, opo maning isi-ne ikau dadi ajang eksis-e poro 'jadi2an' salon. mugo byaen2 warga banyuwangi sadar, lan paham budaya aseli Banyuwangi ikau kelendi. :salaman:

dika_bwi
10-24-2011, 01:19 PM
acake kelendi dulur??

BEC cukup spisan bwen..??

bento
10-24-2011, 02:30 PM
acake kelendi dulur??

BEC cukup spisan bwen..??

timbang picise mung digawe karnapal hang akhire ngerosak dudayane dewek.. mending tatanen wisata alame..
opo kesithiken tah ojek wisata alame banyuwangi??? opo lilo tah tanah kelahirane diperes dijuwut sarine ambi uwong liyo??
opo hing kepingin tah banyuwangine maju, putra/putri daerah hang golet sandang pangan nong kutone uwong podo mbalik majukaken tanah kelahirane??

isun yakin.. mosok hing kepingin, mung heng ono kesempatan teko pemerintah daerah hang nguweni kepercayaan nong putra/putri daerah kanggo ngelola sumberdaya alam/manusiane..

isun yakin.. insyaAllah putra/putri banyuwangi nong ati cilike seru kepingine golet sandang pangan nong tanah kelahirane dewek.. tapi nyatane?? lapangan kerjo byaen heng ono.. endahne tah wes, mungcukup sampe semene byaen??

ojo bangga dadi lare Banyuwangi kadung hing biso nguri-uri seni budayane banyuwangi..

Na2nk
10-24-2011, 04:19 PM
timbang picise mung digawe karnapal hang akhire ngerosak dudayane dewek.. mending tatanen wisata alame..
opo kesithiken tah ojek wisata alame banyuwangi??? opo lilo tah tanah kelahirane diperes dijuwut sarine ambi uwong liyo??
opo hing kepingin tah banyuwangine maju, putra/putri daerah hang golet sandang pangan nong kutone uwong podo mbalik majukaken tanah kelahirane??

isun yakin.. mosok hing kepingin, mung heng ono kesempatan teko pemerintah daerah hang nguweni kepercayaan nong putra/putri daerah kanggo ngelola sumberdaya alam/manusiane..

isun yakin.. insyaAllah putra/putri banyuwangi nong ati cilike seru kepingine golet sandang pangan nong tanah kelahirane dewek.. tapi nyatane?? lapangan kerjo byaen heng ono.. endahne tah wes, mungcukup sampe semene byaen??

ojo bangga dadi lare Banyuwangi kadung hing biso nguri-uri seni budayane banyuwangi..


:O bento.... kok soyo mbênèh laré iki saikaiiii...??? :-bd :salaman:

yo2k
10-24-2011, 04:44 PM
iki penerus-e laros

http://photo.lareosing.org/image.php?id=B01F_4EA522C5&jpg (http://photo.lareosing.org/share.php?id=B01F_4EA522C5)

masio hing tau manggon nong banyuwangi, hang aran kendang kempul seneng. bangga dadi turunanane lare osing.
pernah ngomong digi : "kalo tinggal di banyuwangi enak, bisa liat org nyanyi osing tiap hari"
Myak lare cilik byaen biso cinta ambi tanah leluhure, apuo uwong2 hang dadi 'bos' nong banyuwangi malah 'nyadur' daerah liyo.
Ngentekaken peces kanggo ngontrak wong liyo, hang brusaha notabene mencari popularitas dengan memanfaatkan kesenian daerah.

supenok
10-25-2011, 09:18 AM
damarwulann ????????

supenok
10-25-2011, 09:29 AM
Konspirasi jaringan poro Wandu-wandu sedunia iki kang... Dynand Fariz iku ulih sokongan teko prancis kanggo ngelakokaken misine...
Iyo kadung JEMBER mulo daerah hang hing nduwe budaya Khas... pantes... Bupatine bongol...diakali wandu-wandu gelem :chair: Opo Bupati iki nduwe kepribadian ganda koyo poro wandu-wandu iku tah ndane..??? :hmmm: Kadung masalah budaya ojo ngoco nong daerah hang hing nduwe budoyo seni koyo dene JEMBER iku sakjane....
Hing gelem ngoco nang Bali ketang.... Bali dadio hing kathik nganakaken karnipal-karnipalan dayoh monconegorone yo magih kebek hang moro.. mergo Bali ngugemi ugo nggegem rapet rapet paran hang dadi ciri khas'e budayane dewek...




Titip link : Banyuwangi Etno ###### (http://m.beritajatim.com/sorotan.php?newsid=1017)




iyok byang... esensine heng katon. karnaval iki sipate mung sak kecrotan byain.....anguran danane bisa gawe ngurip2pi ksenian lan budaya aselai koyo tah jogja..........

supenok
10-25-2011, 09:41 AM
iki penerus-e laros

http://photo.lareosing.org/image.php?id=B01F_4EA522C5&jpg (http://photo.lareosing.org/share.php?id=B01F_4EA522C5)

masio hing tau manggon nong banyuwangi, hang aran kendang kempul seneng. bangga dadi turunanane lare osing.
pernah ngomong digi : "kalo tinggal di banyuwangi enak, bisa liat org nyanyi osing tiap hari"
Myak lare cilik byaen biso cinta ambi tanah leluhure, apuo uwong2 hang dadi 'bos' nong banyuwangi malah 'nyadur' daerah liyo.
Ngentekaken peces kanggo ngontrak wong liyo, hang brusaha notabene mencari popularitas dengan memanfaatkan kesenian daerah.

penerus laskar blambangan.............jempol
ojok lali byang...arane ditambah marga "laros"

Koentji
10-25-2011, 09:45 AM
Bupatine koyone mulo kurang peka ambi adyat lan budaya suku using..
Koyo dene wong nduwe palesan,taping bupati koyo hing biso nggyawe palesane nggo goled iwyaq..

Kapan miturut isun ipen BEC iki apik-apik bawen, mung sayang.... Pak Bupati lali ambi "back to basic" e...
Lir ibyarate ono 4 step nggo mbyangun adyat lan tradisi suku using iki.. wayae ngelangkah ning step siji, iki moro-moro ngelencat ning step papat
Wayae roo ngonsep lan mbangun klendi carane adyat lan kultur suku using iki bener-bener ngeresep ning jiwa-jiwa ne wong using (koyo dene tradisi lan adat ring bali, hang notabene wong-wonge wis njunjung temenanan ring adyate..)
Wong aseli suku using bawen wih akeh hang hing juwyari ngucap boso using kok.. (ngomong boso using bawen gengsi.. paran maneng kon belajar nabuh kuntulyan..!?) iki arep mbangun imej seni kontemporer solong?!
Yo munggoho tah.. objek wisata hang ono ring banyuwangi iki di olah temenan,makne biso ngasilaken kanggo warga banyuwangi.. aju terus ndukung gerakan pelestarian seni tradisi lan adat suku using sampek bener-bener Masive lan merata... digu kan lebih esip tah?!
Dadi mbangun perekonomian ples mbangun adat lan tradisi suku using hang bener-bener aselay.. kapan iku muko wis kuwyad lan kewujud temenan,, monggo kerso kunu wiih arep dipolah koyo klendi bawen..

Asem... kok pinter ngeritik digi isun iki yo..?! Wes.. hang jelyas "BEC" ipen Hedonisme!!!! Titik!! ......:ngacir:

masnawie
10-25-2011, 09:51 AM
nak milu ngrungokne wong gesah ning kene.....:manyun:

wes intine isun idem ambi hang di omongaken na2nk, koentji , man yoyok.. man supenok... bento....... :salaman:

baliant
10-25-2011, 11:28 AM
KUI bupati ne asline sak deso karo aku asale [karangdoro] [tegalsari]

Na2nk
10-25-2011, 12:31 PM
KUI bupati ne asline sak deso karo aku asale [karangdoro] [tegalsari]


So what????!!!!!!!!!!! Aju apuwo kang baliant...???
Isun wis weruh kadung Abdullah Olga Azwar Syah Anas mulo wong ndeso... mangkane yoro hing ngarti nyang dhang-dhinge Khasanah Budoyo Using !!!!!!!!!!!!!!

noped
10-25-2011, 12:33 PM
Agenda Tahunan Yah ? Lanjodkan di tahun" depan.

eSTe
10-25-2011, 12:43 PM
:laros_ngakak:

Sumpah kereeennnn... :laros_keren:

yo2k
10-25-2011, 12:54 PM
hulung isun takon dulur, khan iku judule Banyuwangi Ethno Carnival. Hun translate lewat gugle hasil-e digi Banyuwangi Ethno Karnaval
trs Ethno ikau paran ??. Etnik digu tah ??. Etnik iku paran ??
ono hang duwe nomer-e pak bupati, arep-e takon isun :ngacir:

bento
10-25-2011, 01:26 PM
iyok byang... esensine heng katon. karnaval iki sipate mung sak kecrotan byain.....anguran danane bisa gawe ngurip2pi ksenian lan budaya aselai koyo tah jogja..........

ayooo cRooot... parane hang kemecRoot ikau yuuhhh =))

supenok
10-25-2011, 08:23 PM
ayooo cRooot... parane hang kemecRoot ikau yuuhhh =))



hahahhaa....yaiku yah byang……hang digoleti kok hang mung sak kecrotan. padahal hang kemecrot ping kaping2 ye biso …hayya...
sesuatu yg kita mulai dari nol,membentuk, merawat,menjaga ,dan tumbuh indah sewajarnya .pondasinya lebih kuat n mepunyai nilai tersendiri. dlm hal ini merawat budaya n seni banyuwangen(jare man naek “penetrasinya bisa berkali2”).daripada yg sipatnya instan koyo etno carnival ikai…penetrasine mung sepisan..langsung lempodd..hayya

supenok
10-25-2011, 08:28 PM
teko gesah e kik talhak.....



Sebuah Perayaan Kedangkalan


Suatu sore dalam perjalanan dari Banyuwangi kota menuju daerah selatan ban motor saya tiba-tiba kempes, untunglah saya teringat pada seorang kawan bernama Pak Sabar yang rumahnya tidak begitu jauh dari posisi saya berada. Pak Sabar adalah seorang Panjak ( musisi tradisional Banyuwangi ) yang juga berprofesi sebagai tukang tambal ban. Ia tinggal di desa Mangir, dan sebagai seorang panjak yang mahir ia cukup terkenal di antara para pelaku kesenian tradisional Banyuwangi. Tanpa berpikir panjang saya dorong motor saya menuju rumahnya. Sore itu saya bertemu pak Sabar tepat pada saat ia sedang ngudang putra bungsunya yang berumur 1,5 tahun.

Lalu terjadilah dialog itu,

“ Conge conge ataaang.. anak isun lanang.. gancango gedi ya leeek, kadung wes gedi dadio wong kang pinter “. si anak tertawa-tawa, melonjak-lonjak di pangkuannya.

“ Taping kadung wes pinter ojo minteri kancane ya lek “ iseng saya menambahi.

“ Yo sing paran paran lek, boro biso dadi pemimpin “ pak Sabar menyahut kalem.

“ Apuwo kok sing dadi panjak koyo apake ?” saya semakin iseng.

“ Byek, ojo lek, panjak iku soro uripe. Maning kadung mung dadi panjak byaen yo sing usah kari pinter lek, hing usah sekolah kari dhuwur..” pak Sabar protes.

“ Terus dadi paran Pak? “ saya mengejar.

Pak sabar diam sejenak kemudian dengan semangat ‘45 dia menjawab,

“ Yo, Kepala Dispar ! “.

Saya bersusah payah menahan diri, untuk tidak terpingkal.



Saya berani bertaruh 10 juta rupiah ( meski saya tidak punya ) bahwa Pak Sabar tidak pernah tahu tentang Michel Focault, seorang filosof Perancis yang mengatakan ‘ knowledge is power ‘, yang menegaskan wacana tentang relasi pengetahuan dan kekuasaan itu. Namun bisa jadi buat pak Sabar, saya, dan masyarakat Banyuwangi umumnya dapat menempuh cara termudah dalam memahami gagasan itu dengan menandai ciri-ciri para penguasa yang biasanya memiliki satu, dua atau bahkan tiga titel akademis yang menghiasi nama mereka, yang kurang lebih dapat dianggap sebagai ukuran atas tingkat pengetahuan yang mereka miliki.



Karena kekuasaan selalu bertautan dengan pengetahuan. Tidak ada kekuasaan tanpa pengetahuan dan tidak ada pengetahuan tanpa kekuasaan. Kekuasaan memproduksi pengetahuan, dan pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan menyediakan kekuasaan. Kekuasaan tidak selalu bekerja melalui penindasan dan represi, melainkan juga melalui normalisasi dan regulasi, penuh simbolisme dan beroperasi dalam ruang publik. Kekuasaan bukanlah milik, melainkan strategi. Dan strategi berlangsung dimana-mana. Dimana-mana terdapat susunan, aturan-aturan, dan sistem-sistem. Dengan kata lain, kekuasaan tidak hanya terpusat tapi menyebar pada bidang-bidang kehidupan. Menyoal tentang peristiwa pak Sabar dan anaknya, sebagaimana ia hidup didalam ruang kesenian tradisional sudah barang tentu ia merasakan situasi yang terjadi serta dapat menilai budaya kekuasaan yang berlaku didalamnya. Tentu ia memahami secara langsung tentang siapa yang menguasai dan siapa yang dikuasai, siapa yang digunakan dan siapa yang memanfaatkan, siapa yang diuntungkan dan siapa yang dieksploitasi. Bisa jadi pula sebagai seorang seniman tradisional harapan Pak Sabar pada anaknya merupakan buah dari pengalaman atau bahkan self consciousness yang ia petik dari kegetiran ruang yang ia hayati selama ini.



Banyuwangi adalah sebuah ruang lingkup kebudayaan yang luas dan khas. Dan pilar terpenting dalam konstruksi kebudayaan Banyuwangi adalah kesenian. Kualitas berkesenian para penggiat seni budaya Banyuwangi terus terjaga meski tanpa campur tangan kekuasaan pemerintah sekalipun karena kesenian tradisional di Banyuwangi hidup, tumbuh dan mengakar di tanahnya sendiri, yaitu rakyat. Secara ideal fungsi para pemangku kekuasaan yang berkedaulatan rakyat adalah pelindung dan pendorong daya hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan daya hidup yang terpenting adalah kreatifitas. Tanpa kreatifitas yang baik niscaya sebuah peradaban tidak akan mampu menjawab tantangan zaman yang terus berubah. ‘Tempus mutantur et nos mutantur illid’, kata pepatah Latin kuno, waktu berubah dan kita pun berubah didalamnya. Nah, dalam rangka menstrategikan pembangunan kreatifitas suatu masyarakat, para penguasa tentu saja memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang masyarakat itu sendiri. Dibutuhkan pemahaman yang lengkap tentang nilai-nilai yang dihayati oleh suatu masyarakat dalam suatu wilayah. Bahkan yang terpenting strategi itu harus mengedepankan tata nilai pula. Waktu boleh berubah, manusia boleh berubah, namun nilai-nilai yang digenggam dalam nafas kehidupan kumpulan manusia itu mesti tetap lestari. Sebagai contoh, tentunya ada sebuah nilai yang terus digenggam oleh manusia seperti pak Sabar dan kawan-kawan dalam menghidupi kesenian tradisional meskipun dalam keadaan soro uripe. Karena tanpa tata nilai yang jelas maka niscaya sebuah peradaban akan terdegradasi, akan kehilangan kekhasan identitasnya sebagai masyarakat yang berbudaya.



Warga masyarakat Banyuwangi telah mengakui bahwa para penguasa kita saat ini adalah orang-orang pandai dan memiliki pengetahuan yang melimpah tentang bagaimana berstrategi. Ada kebijakan pada wilayah kebudayaan yang patut kita apresiasi yaitu tentang rencana pembangunan Gelanggang Seni Budaya ( Gesibu ) Banyuwangi agar lebih representatif sebagai sarana kegiatan seni budaya masyarakat, terlepas dari soal mark up dan mark down anggaran, rakyat Banyuwangi memang butuh fasilitas itu. Tapi ada satu hal yang harus menjadi perhatian para penguasa itu, bahwa menstrategikan pembangunan Banyuwangi khususnya di wilayah kebudayaan bukanlah sebuah pekerjaan instan. Tidak sama halnya dengan mendirikan bangunan fisik yang tergantung pada politik anggaran. Menstrategikan pembangunan kebudayaan bukan hanya soal menjual kebudayaan sebagai produk pariwisata lewat perayaan-perayaan atau karnaval. Alasan yang dikemukakan bahwa event karnaval akan mendongkrak datangnya turis serta berefek domino terhadap perekonomian daerah karena meningkatkan perputaran uang dan pendapatan masyarakat Banyuwangi memang terkesan mulia. Namun sayangnya hanya seolah-olah. Karena jika dicermati lagi justru malah memperlihatkan kedangkalan kebijakan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan sederhana yang muncul secara mendasar adalah, siapakah yang akan menuai manfaat paling besar dari kegiatan Banyuwangi Ethno Carnival, para penggiat seni budaya seperti pak Sabar dan kawan-kawan atau para penguasa pemerintahan dan kebudayaan ? Perputaran uang dan peningkatan pendapatan untuk siapa, rakyat atau penguasa dan para pemilik modal itu ? Adakah visi atau nilai yang diusung dalam sebuah karnaval berbasis fashion show ? Jika ada, apa ? Kemudian, jika ada pula, seberapa bermanfaat visi atau nilai tersebut bagi kehidupan masyarakat Banyuwangi ?.



Pertanyaan-pertanyaan semacam itu secara terbuka juga pernah dilontarkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai penolakan terhadap para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Yogyakarta dan para investor yang menginginkan pengembangan wilayah Parangtritis untuk dijadikan kawasan pariwisata dan hiburan. Rupanya ia telah menghitung dampak kerusakan atau social cost yang akan ditanggung oleh masyarakat Jogja jika megaproyek itu akan tetap dilaksanakan, ia pun mahfum bahwa proyek itu hanya bertujuan untuk menguntungkan segelintir orang saja. Raja Jawa itu sangat memahami bahwa Jogjakarta bukan hanya sebuah daerah yang memiliki objek-objek pariwisata terkenal seperti candi-candi dan pantai saja, melainkan lebih sebagai sebuah kesatuan sistem sosial yang meliputi objek material, nilai-nilai, dan warga masyarakatnya sebagai pelaku tradisi, Jogja adalah sebuah cultural heritage. Turis domestic dan internasional datang ke Jogja bukan karena acara karnaval atau karena penyediaan fasilitas hotel berbintang, melainkan karena ketertarikan mereka pada kekhasan identitas kebudayaan Jogjakarta yang tetap dipertahankan dalam perilaku keseharian masyarakatnya dan dipromosikan lewat metode-metode yang lebih arif. Meski hal itu dapat terjadi karena tidak lepas dari peran kekuasaan kebudayaan yang dalam hal ini diwakili keraton dalam menjaganya, namun toh hal itu membuktikan bahwa kekuasaan memang harus tetap menjadi penjaga mutu kebudayaan dalam sebuah masyarakat.

Hal ini bertolak belakang dengan Solo yang masih merasa perlu menggunakan metode arak-arakan lewat Solo Batik Carnival yang toh kini telah terbukti sebagai “kecelakaan” karena tidak membawa manfaat apa-apa terhadap kelanjutan perkembangan pariwisata di wilayahnya. Grafik turis yang datang ke Solo juga tetap berkisar pada angka yang itu itu saja. Atau sebagai perbandingan pula, tetangga kita Jember yang tidak memiliki kekhasan kebudayaan itu, sehingga perlu mati-matian menciptakan ke"khas"annya sendiri lewat system franchise Jember Fashion Carnival sebagai upaya memperkenalkan sekaligus “menjual” daerahnya paling tidak setahun sekali. Disebut franchise, karena memang seringkali konsep Carnival dari Jember itu diwaralabakan ke daerah-daerah lain dengan iming-iming jaringan turisme internasional.



Harapan kita, para penguasa Banyuwangi dapat lebih cermat dalam memahami gejala-gejala social dan dapat lebih arif dalam merumuskan visi pembangunan Banyuwangi ke depan. Karena bisa jadi penguasa kita saat ini memang sangat pandai dalam menstrategikan hal-hal dol tinuku atau transaksional, namun untuk wilayah menstrategikan kebudayaan Banyuwangi rasa-rasanya mereka masih harus melakukan kajian yang lebih komprehensif dan terus menerus agar tidak melulu berpijak pada budaya kekuasaan yang berkutat pada simbolisme dan politik pencitraan, agar Banyuwangi tidak akan hanya sekedar merayakan kedangkalan.



Salam,

Latu Revolis DiDandu, pemain biola.

Who_I_ME
10-26-2011, 03:01 PM
nitip gambar....

1245

1246

Na2nk
10-27-2011, 11:15 AM
hahahhaa....yaiku yah byang……hang digoleti kok hang mung sak kecrotan. padahal hang kemecrot ping kaping2 ye biso …hayya...
sesuatu yg kita mulai dari nol,membentuk, merawat,menjaga ,dan tumbuh indah sewajarnya .pondasinya lebih kuat n mepunyai nilai tersendiri. dlm hal ini merawat budaya n seni banyuwangen(jare man naek “penetrasinya bisa berkali2”).daripada yg sipatnya instan koyo etno carnival ikai…penetrasine mung sepisan..langsung lempodd..hayya



Intine mergo paran hang dilakoni Bupatine koyo wandu kang....
Witêné mulo dudu wong aseli Using... kemeruh nyang paran hang diarani budoyo Using!!!!!

WePeach
10-29-2011, 05:45 PM
nitip gambar....

1245

1246

Duhhh...koyok majikan ambi rawatane kok e =))

Who_I_ME
10-30-2011, 12:04 AM
Duhhh...koyok majikan ambi rawatane kok e =))
ndeleng2 solong kang endi rawatane ikau...
hehehehe :))